Tips Aman Membeli Mobil tanpa Takut Terlibat Penipuan

By | June 15, 2022

Penipuan berkedok beli mobil proses cepat bisa menimpa siapa saja. Karenanya Anda perlu hati-hati saat membeli terlebih memilih pihak dealer mobil. Kemungkinan ini bisa terjadi bahkan di kota besar sekalipun.

Penipuan bahkan bisa berjalan tanpa disadari dan baru terlihat setelah beberapa selang waktu kemudian. Karenanya selektif dalam memilih pihak penjual jadi salah satu kunci agar jauh dari kemungkinan penipuan.

Tips Aman Beli Mobil Bekas atau Baru

Keamanan dalam membeli mobil nyatanya bisa diciptakan sendiri. Sebagai salah satu opsi terbaiknya Anda bisa gunakan tips aman membeli mobil di bawah ini. Tips berlaku untuk pembelian mobil bekas maupun baru. 

1. Beli dari Pihak Terpercaya

Tips pertama yang bisa dilakukan yakni membeli hanya dari pihak terpercaya. SEVA hadir sebagai salah satu opsi pembelian mobil lewat platform online. Jadi Anda bisa lebih fleksibel saat melakukan pemilihan, pembelian bahkan hingga pembayaran mobil.

Langsung dibentuk oleh PT Astra Auto Digital, tentunya keamanan dan kelegalan akan terjamin sempurna. Anda akan jauh terhindar dari kemungkinan penipuan apalagi kemungkinan buruk transaksi ilegal lainnya.

2. Periksa Sistem Jual Beli Mobil

Tidak hanya periksa platform atau jasa yang digunakan, Anda juga perlu periksa sistem yang digunakan dalam proses jual beli. Sistem yang diberlakukan oleh suatu dealer bisa saja berbeda dengan dealer lainnya.

Peran Anda akan sangat dibutuhkan untuk mengetahui dari mana sumber mobil dan bagaimana alur pembayaran yang akan dilakukan nantinya. Perhatikan juga nilai pembayaran yang harus dikeluarkan apakah wajar atau tidak. 

3. Pilih Mobil dengan Kondisi Prima

Terlepas dari pihak dealer dan sistemnya, Anda juga perlu pilih mobil dengan kondisi prima. Terlebih bila Anda berniat untuk membeli produk mobil bekas maka hal ini akan sangat penting untuk diperhitungkan. 

Pemilihan mobil dengan kondisi prima baiknya langsung dilakukan secara langsung ke lapangan. Inspeksi kondisi mobil bisa dilakukan secara menyeluruh mulai dari luar mobil hingga interior di dalam mobil. Jangan sampai mudah terpengaruh dengan omongan orang yang bisa saja tidak sesuai.

4. Pilih Mobil dengan Kilometer di Bawah 30.000

Pembelian utamanya mobil bekas sekalipun model terbaru perlu memperhatikan aspek mendetail seperti kilometer kendaraan. Pada umumnya batas maksimal kilometer mobil bekas tidak bisa menyentuh lebih dari 50.000 KM.

Tapi untuk hasil yang lebih memuaskan Anda bisa pilih mobil dengan batas maksimal 30.000 KM saja. Pengecekan ini juga hanya bisa dilakukan sendiri agar terhindar dari penipuan. Jangan sampai mobil sudah dibeli dan ternyata kilometer melebihi batas tapi tidak bisa dikembalikan lagi.

5. Periksa Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Terakhir, periksa juga kelengkapan dokumen kendaraan yang jadi pilihan. Tidak jarang saking lamanya mobil mengendap tidak terjual, surat kelengkapan sudah dibekukan dan bahkan sudah tidak berlaku lagi.

Ada juga yang menyediakan surat kelengkapan duplikasi yang bertujuan untuk menipu pembeli. Untuk menghindari ini Anda perlu berhati-hati juga teliti melakukan cek silang terkait surat kelengkapan kendaraan.

Tips beli mobil anti terlibat penipuan di atas bisa digunakan untuk menghindari penipuan. Khususnya gunakan platform beli online dengan fitur keuangan yang memudahkan. Sesuaikan nilai beli dengan kemampuan finansial.