8 Corak Batik Populer di Indonesia

By | April 16, 2021

batik

Indonesia sangat kaya akan budaya dan seni, termasuk batik. Kata batik berasal dari bahasa ambhatik jawa dan terdiri dari kata amba yang artinya lebar, lebar, kain, sedangkan kata bhatik berarti titik. Kedua kata tersebut kemudian berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara ditulisi di atas kain atau diukir pada malam hari.

Setiap corak batik memiliki sejarahnya sendiri di setiap daerah. Apa saja batik yang setidaknya perlu untuk Anda ketahui? Check this out.

  1. Batik Sidoluhur

Pengantin wanita biasanya memakai tema Sidoluhur pada malam pernikahan mereka. Secara harafiah, sido dalam bahasa Jawa berarti eksistensi atau eksistensi. Sedangkan luhur berarti harkat dan martabat, sehingga menurut filosofinya batik Sidoluhur ini menjadi salah satu bentuk sembahyang pemakainya, agar senantiasa sehat jasmani dan rohani serta pribadi yang bermartabat dan bermartabat.

  1. Batik Priyangan

Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan coraknya yang rapat, rapi dan elegan. Dominasi rerumputan dan pola tumbuhan menjadi ciri utama batik Priyangan. Secara garis besar, batik Tasikmalaya memiliki corak batik yang seringkali memberikan kesan spiritual yang simpel, terbuka dan beragam, serta menunjukkan kesan indah yang selaras dengan citra perempuan Sunda secara keseluruhan.

  1. Batik Kawung

Jenis batik lain yang ada di Indonesia adalah batik kawung yang bercorak kuno dan berasal dari Jawa. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama batik yang satu ini. Bentuknya menyerupai bentuk yang tersusun satu di belakang yang lain di empat penjuru. Menurut penelitian, pola ini sudah ada sejak abad ke-9. Artinya, hal ini berkembang pada masa Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Filsafatnya meliputi pengendalian diri yang sempurna, hati yang bersih, dan tidak ada keinginan untuk bersukacita.

  1. Batik Tambal

Sesuai dengan namanya, tema Batik Tambal memiliki arti memperbaiki sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang sudah rusak. Dahulu kala, orang mengira bahwa jenis kain ini dapat membantu menyembuhkan orang sakit.

  1. Batik Sekar Jagad

Sekar Jagad adalah salah satu batik pedalaman yang berasal dari Solo dan Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, keindahan Sekar Jagad mampu membuat siapapun yang melihatnya terpesona. “Kar” dalam bahasa Belanda berarti peta, dan “Jagad” dalam bahasa Jawa berarti dunia, sehingga pola tersebut melambangkan keragaman Indonesia dan dunia. Beberapa orang mengatakan bahwa tema Sekar Jagad adalah peta dunia karena bentuknya yang menyerupai pulau.

  1. Batik Pring Sedapur

Pring Sedapur Magetan merupakan pilihan batik dengan motif sederhana. Gambar tersebut sebagian besar terdiri dari sentuhan tanaman atau bambu dan hiasan burung. Meski begitu, batik Pring Sedapur tetap sarat makna filosofis. Tema pola batik ini adalah gambar bambu yang menyampaikan makna damai dan damai hidup.

  1. Batik Bali

Tak hanya dari Jawa, batik unik dari Pulau Dewata juga populer. Banyak corak batik Bali yang terinspirasi dari berbagai binatang seperti kura-kura, bangau dan rusa. Warna yang digunakan pada batik Bali juga terutama warna cerah seperti biru, kuning dan ungu.

  1. Batik Betawi

Tak kalah dengan daerah lain, Jakarta juga memiliki batik yang unik. Logo batik Betawi berwarna cerah, warna mencolok dan corak khas Betawi seperti ondel-ondel, rebung, nusa kelapa dan gambang kromong. Biasanya batik ini digunakan saat tidak ada saudara atau pameran budaya Jakarta.

Itu dia 8 corak batik yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu.